Kotak Peluang

Rahasia Sukses Di Balik Peluang

Wawancara dengan Pendiri Situs Indotopten


Makin banyaknya pilihan kontes yang beredar didunia maya, "Contest ngeTop ngeTren" menjadi pilihan pertama saya. Satu hal yang menarik dari kontes ini adalah cara penilaian kontes yang adil antara master dan newbie. Maka dari itu, sebagai newbie janganlah merasa minder dahulu karena peluang untuk menang dalam kontes ini pastilah sangat besar.

Sebenarnya kontes ini telah lama saya ketahui, namun berhubung saya belum memiliki bahan tulisan untuk mengikuti kontes ini, jadinya sengaja saya undur beberapa hari kemudian untuk mengumpulkan bahan informasi tentang kontes ini.

Disamping mencari informasi, saya juga banyak bertanya kepada sang pencetus ide "Contest ngeTop ngeTren" yaitu mas Azzaam (ingat yah, tulisan [a] nya ada dua. Saya selalu ditegur dengan mas Azzaam karena keseringan menulis [a] nya hanya satu :) perihal tentang situs ini. Orangnya sangat ramah kok. Semua pertanyaan saya dijawab oleh mas Azzaam, pertanyaan yang sama sekali kagak nyambung pun juga dijawab. Maaf mas Azzaam, saya sangat cerewet waktu itu :)

Hingga kemudian terpikirlah ide untuk menampilkan wawancara saya sebagai bahan tulisan di kontes ini. Wawancara atau tanya jawab saya dengan mas Azzaam tidaklah dengan bertatap muka, hanya sekedar tanya jawab melalui email saja. Jadi supaya tulisan ini terlihat lebih menarik sengaja saya pecah per bagian. Kalau murni hasil copas nya saja, ntar bakal banyak yang kebingungan membacanya :)

Email pertama,

Saya : Assalaamualaikum mas Azzam, boleh berkenalan?

Azzaam : Waalaikumsalam. Yah boleh, silahkan..

Saya : Nama saya Daniel, saya mau ikutan kontesnya. Tapi belum punya bahan. Saya ingin bertanya-tanya perihal kontes ini.

Azzaam : boleh bertanya apa saja :).
Oh ya, saya mau membenarkan dahulu. Panggilan saya Azzaam bukan Azzam, [a] nya lebih dari satu. Mohon diperbaiki.

Saya : Saya tunggu balasan dari Anda, sebelum saya bertanya saya musti dapat persetujuan dahulu dari Anda.

Azzaam : ... :)

Saya : Trims, Waalaikum salaam

Email kedua :

Saya : Maaf mas, Saya kurang perhatian jadinya tidak teliti dengan nama mas yang ternyata [a] nya lebih dari satu, hehe.
Saya penasaran dengan syarat dan ide penilaian yang diajukan mas Azza[a]m. Kenapa harus menggunakan widget flagcounter?
Karena saya sama sekali belum memasang widget flagcounter, maka pastinya saya akan kalah counter dunk dengan yang lebih dahulu memasang widget tersebut.
Apalagi saya khan newbie, blog saya saja baru akan dibuat sekedar untuk mengikuti kontes ini. Terus bagaimana? (nih separuh isi email yang digabung jadi satu, agak ribet kalau dipecah-pecah)

Azzaam : Seperti yang sudah saya katakan, tujuan penggunaan widget flagcounter ini adalah untuk memberikan keadilan bagi newbie dan master blogging. Coba bayangkan, seandainya blog Anda adalah blog master SEO. Bagaimana dengan pengunjungnya? Pasti akan lebih banyak counternya dibandingkan dengan blog newbie khan? Lalu apakah Anda akan merasa rugi jika memasang widget flagcounter dan memulai counter dari awal? Tidak juga khan.
Anda akan tetap mendapatkan traffic yang stabil seperti saat sebelum memasang flagcounter. Begitu pula dengan newbie yang "mungkin" baru saja belajar memuat blog, perhitungan trafficnya juga akan dimulai dari nol.
Jikalau Anda sudah lebih dahulu memasang widget tersebut, maka yang akan saya hitung adalah selisihnya saja. Misalkan ketika saya mengunjungi blog Anda, saya dapati blog Anda sudah mendapatkan 100 pengunjung dari Indonesia. 100 Counter itu akan saya catat, kemudian di akhir kontes juga akan kembali saya catat counter Anda, misal akhir kontes counter berjumlah 1500 maka kurangkan saja dengan 100. 1500-100 = point traffic Anda.

Saya : Terus kenapa kok penilaian kontes ini hanya dinilai traffic dari Indonesia saja? Bukankah hal itu justru menguntungkan master dan merugikan newbie?

Azzaam : Salah satu yang membuat menarik dari sisi flagcounter ini adalah sisi pengunjung uniknya. Pengunjung yang sama, yang berkunjung berkali-kali dalam satu situs tidak akan terhitung oleh flagcounter. Itulah salah satu alasan saya kenapa mengharuskan memakai widget ini. Dan alasan kenapa lebih mengutamakan pengunjung unik dari Indonesia adalah karena faktor newbie juga :)
Sebagai newbie dari Indonesia, pasti akan memiliki kebiasaan yang umum untuk mempromosikan blog dengan cara berkirim komentar dari blog satu ke blog lainnya? Dalam acara blogwalking tersebut ada kemungkinan besar newbie mengunjungi blog berbahasa indonesia juga khan?
Kalau master blogging, banyak mendapatkan pengunjung unik dari Google dan tidak semuanya pengunjung dari indonesia. Nah, bagaimana adilnya penilaian ini bisa disimpulkan dari kedua point itu :)

Saya : Ini dulu saja mas

Azzam : ... :)

Email ketiga :

(dari sini obrolan saya mulai terasa enjoy)
Saya : Saya masih agak sedikit bingung, kalau memang seperti itu. Lalu kenapa penilaian juga dilakukan terhadap peserta yang mendapatkan komentar terbanyak? Bukankah akan lebih menguntungkan master yang sudah punya langganan pengunjung?

Azzaam : Belum tentu. Seperti yang pernah saya katakan, newbie lebih umum mempromosikan situsnya dengan memberikan komentar ke situs-situs berbahasa indonesia lainnya.
Masuk akal tidak? jika newbie dapat balasan komentar dari blog lain walaupun sekadar mengucapkan, "trims sudah coment di blog saya".


Saya : Oh ya, kenapa juga sebagai peserta kami diharuskan klik banner sponsor?

Azzaam : Apakah hal itu memberatkan peserta? Jika memang memberatkan, akan saya cari cara yang lebih baik lagi. Namun sampai saat ini kami juga belum mendapatkan cara yang lebih baik untuk menguntungkan pihak sponsor selain cara itu.
Tujuan situs ini dibuat adalah sebagai media antara sponsor dan peserta kontes. Jadinya kami berharap dengan cara unik tersebut akan makin bertambah pulalah sponsor yang bersedia mendukung kontes di situs ini. Bukankah akan menguntungkan peserta juga jika di setiap kontes makin bertambah banyak sponsornya? Maka, akan makin bertambah banyak pula hadiahnya bukan?
Menurut saya cara seperti itu masih lumrah lah...
Ada salah satu sponsor yang meminta situsnya direview jika dia mensponsori kontes ini. Nah loe, semisal banyak sponsornya bagaimana? kasihan dengan pesertanya khan? masa harus mereview semua situs sponsor? trus saran dari sponsor tersebut saya tolak deh...
Oleh karena itu, alternatifnya ya cuma satu itu. Dengan meng-klik banner sponsor. Tapi jika saja ada cara yang lebih baik dari cara tesebut yang juga menguntungkan kedua belah pihak (sponsor dan peserta) maka akan saya ganti syaratnya :)

Saya : Mas Azzam, saya ingin tahu. Kenapa mas Azzam tidak mengadakan kontes SEO saja kan banyak peminatnya tuh?

Azzaam : Sebelumnya saya koreksi lagi yah, nama saya Azzaam. [a] nya lebih dari satu.
Untuk kedepannya kami berencana ingin mengadakan kontes SEO, dukung terus yah kontes IndoTopTen supaya makin banyak sponsor yang berminat mensponsori kontes di situs ini.
(saya selalu bingung, kenapa yah mas Azzaam selalu mengetikkan tulisan indotopten dengan T besar semua, apa sudah terbiasa kali yah :)

Saya : Tentang hadiahnya mas, kenapa hadiahnya hosting dengan fitur unlimited, beneran tuh fiturnya unlimitted?

Azzaam : Kami juga akui semua hostingan memiliki fitur yang terbatas, jadinya dalam istilah kami Fitur Unlimited adalah layanan dari hosting IndoTopTen.net bagi pelanggan untuk kebebasan dalam menggunakan fitur hostingan tanpa ada batasan, kasarannya "terserah deh mau pake berapapun" :)

Email keempat :

(disini pertanyaan saya mulai ngawur)
Saya : Maaf mas, saya sudah terbiasa kenal tulisan Azzam seperti itu. Sewaktu menonton film Ayat-ayat Cinta juga gitu, tulisan Azzam [a] nya cuma satu. hehe
Emangnya nama Azza[a]m artinya apa mas?

Azzaam : Azzam artinya semangat, sedangkan Azzaam artinya, semangaaaat! Seolah-olah seperti teriakan perjuangan. Dalam setiap momen saya ingin terus Semangaaat! :)

Saya : Diantara nilai artikel, nilai traffic dan nilai komentar mana yang mas Azzaam prioritaskan?

Azzaam : No 1, Poin artikel apakah artikel itu menarik atau tidak. No 2, Poin komentar terbanyak dan yang terakhir Poin dari traffic. Jadinya nilai traffic tidak berpengaruh besar terhadap kemenangan, tetapi juga diperlukan.

Saya : Mas, saya ingin bisa lebih akrab dengan mas Azzaam, siap tahu kedepannya kita bisa jadi patner. Tapi bukan berarti karena saya akan akrab dengan mas Azzaam maka saya akan dimudahkan menang dalam kontes ini, saya menuntut penilaian yang adil buat saya.
Terima kasih buat infonya mas. Saya sudah mulai paham nih

Azzaam : .... :) huu, GR..! :D

Nah tanya jawabnya saya publikasikan cukup sampai disitu, soalnya obrolan lainnya ngelantur semuanya. Sangat menyenangkan ikut "Contest ngeTop ngeTren". Bukan saja penilaian yang adil dan tidak memihak, namun kontes ini menjadi acuan saya untuk berani berkompetisi.

Kalau mau ikutan bergabung menjadi peserta kesini aja nih
Kontes ini berakhir tangal 29 Juli, so.. waktunya masih sangat panjang kok. Buruan!

Oh ya, jangan lupa dukung saya dengan memberikan komentar sebelum meninggalkan blog ini.


Postingan Terkait :


114 komentar:

yorick mengatakan...

wah.... okay saya dukung..
sekalian minta ijin untuk ikutan kontesnya...

AzzaaM mengatakan...

Saya gak menyangka kalau obrolan lewat email dengan saya ternyata anda publikasikan di sini, menarik sekali :)

Ayo terus semangat..
makin banyak peserta yang ikut nih...

admin mengatakan...

Wah, mas Azzaam berkunjung ke blog saya
thank's buat dukungannya

buwel mengatakan...

siiip infonya....

Anonim mengatakan...

thx infonya sob..
tar mo ikutan ah..hehe..^^

Action mengatakan...

wah, keren banget postingannya....

sukses bro...

Zippy mengatakan...

Ia deh didukung, hheu...
Semangat, newbie gak boleh kalah :)
Good luck bro :)

rizky mengatakan...

Mencoba keberuntung di sini yak... semangad terus ajah yak :D

anny mengatakan...

Aku dukung, moga sukses ya :)

Mada Suzamar mengatakan...

jadi penasaran buka2 dulu ah info lengkapnya....

admin mengatakan...

@yorick
gak perlu izin lagi
ikutan aja

@Action
thanks sob ;)

@rizky
yak...

@anna
trims anna, jadi semangat nih :)

@Mada suzamar
dilihat, bukan dibuka, wkekeke

suci mengatakan...

wahhhhh

keren euy postingannya...

jadi pengen ikutan kontes juga neghhh

tetep semangat yaaa :)

duadua mengatakan...

wah,keren postingannya
jadi tahu aku

admin mengatakan...

@suci, ikutan saja. Selalu semangat :)
@duadua, begitulah. Trims sudah berkunjung

haedir mengatakan...

aq juga mendukung mu,,,HIDUP INDONESIA (benar gak sich)??? hehehe,,

happy blogging

cebong ipiet mengatakan...

semangat..peluang nya sama..dan yg lbh penting dpt pengalaman

Aldrix mengatakan...

WAh gillllaaaa bneerrr .........

salut gue habisss baca percakapan yg paaaaaaaannjaaang bgt ... heheheh

ini bener2 semangat luar bisa dr anda..okey saya dukung

dan saya juga ikut kontes ini
so kita friendly dong ...

tutor-blog.com mengatakan...

Kalau mau ikud silahkan.

persyaratan mudah kok cuma buat review tok silahkan kunjungi web tsb

KangBoed mengatakan...

hehehe... kontes yang bagus dan ramai yaaa..
Salam Sayang

AlvienRizki mengatakan...

oghh... hmm... kirain mas dateng ke tempat kerja atau rumanya mas Azzaam....

admin mengatakan...

#aldrix, trims friend :)
#kangboed, salam sayang? tuing? secepat itukah?
#alvienRizky, kagak tahu rumahnya mas Azzaam,hehe

Anonim mengatakan...

wah bagus infonya, tapi aku nga ikut ya. tapi aku kasih tau yang lain insya Allah

admin mengatakan...

#kawanlama95, beneran nih? asyik....! :)

Billy Koesoemadinata mengatakan...

jadi pengen ngikut kontesnya.. :D

wi3nd mengatakan...

9ooD LucK ya waT kontesnya..
yan9 pentin9 ikut berpartisipasi.. :)

daku malah belon pernah ikutan kontes2..
pen9en seeh,tapi nda don9 akunya :)

makasi ya da sin99ah :)

uke poet mengatakan...

hebat... nice article. keep it up

KangBoed mengatakan...

hehehe.. Mantaaaabs Surantaaaabs
Salam Sayang

anjari umarjianto mengatakan...

menarik sekali...

Piyen mengatakan...

semoga sukses bro... sekalian mau liat-liat dulu

admin mengatakan...

#billy, jangan cuma kepengen ikut wae lah :)
#wi3en, sama-sama, thank juga udah mampir..
#uke poet, yup. Sering berkunjung yah
#kangboed, apanya yang mantap?
#DuniaPiyen, trims broo...

Anonim mengatakan...

Kungjungan balikni mas dari Mr.o2n.
Entah kenapa aku kaga tertarik ama kntes2 yg di adakan oleh para senior2,mungking aku terlalu minder mas.salam kenal kmbali

Aspirasiputih mengatakan...

Wah. .salam aj deh buat mas azzaam kyaknya org nya rendah hati. Postingnya jg keren nie...dari sebuah obrolan doank saya jg jd bisa belajar.

Putri mengatakan...

Kontesnya dari segi traffic, ya ?
Flagcounter...and soon agak memusingkan sy.. :D
Jadi mending sy jadi penonton aja, deh..he..he..

Good Luck dengan kontesnya..

Fauzan NR mengatakan...

Menarik mas,
O'ya, terimakasih sudah berkunjung dan dah ninggalin sebuah comment. blogku jaraaaaaaaaaaaang bukan main dikunjungi dan menyisakan comment. Terimaksih banyak...

anny mengatakan...

Sekali lagi Aku juga mendukung

Anonim mengatakan...

Koq kurang tertarik aku ya? But, I support you..
Gooooooo.....

Hangga Nuarta mengatakan...

Semoga sukses ya Mas!!

admin mengatakan...

#jumal029, dicoba dulu akang
#aspirasiputih, saya juga banyak belajar dari mas azzaam
#putri, kalau pusing sini saya pijetin :))
#Fauzan NR, salam kenal mas
#anny, trims
#A9YnD1LV3R, terima kasih..

Dinoe mengatakan...

Moga sukses ya mas..
salam persahabatan

bunga raya mengatakan...

salam hangat dimalam minggu sobat salam kenal terimakasih telah mampir ke blog saya yang super jelek

arikaka mengatakan...

kayanya saya ketinggalan banyag banget kontes deh...
:D

edylaw mengatakan...

asik juga sambil ngeblog sambil ikut kontes itung2 pemberi semangat saat ngeblog hehehehe

rio2000 mengatakan...

wah... ternyata flag counter ada kegunaannya.... (ga menghitung pengunjung yg sama)... boleh juga di coba flag counter

admin mengatakan...

#hangganuarta, trims..
#Dinoe, salam persahabatan juga
#bunga raya, ah tidak.. bognya bagus kok. Buktinya, saya berkunjung kesana,hehe

#arikaka, ketinggalan bukan berarti tidak berpeluang menang khan
#adylaw, yuuhu... setuju banget
#rio2000, saya juga baru tahu tuh :)

iskandaria mengatakan...

Wah, sorry mas. Baru sempet ngomentarin nih. Menarik juga ya kontesnya. Tapi berhubung saya rada telat mengetahuinya, saya jadi penonton aja deh kayaknya.

♥ Neng Aia ♥ mengatakan...

semoga sukses yah and bisa jadi salah satu pemenangnya! :)

Anonim mengatakan...

Haloo saya dtg berkunjung :)
Wah idenya orisinil skali. 8agus !
Sempet baca2 artikel yg lain, wah kamu rajin ikut kontes ya. Gudlak ! Semoga tercapai yg diidamkan :)

bunga raya mengatakan...

malam sobat aku berkunjung

anggi mengatakan...

saya selalu berada dibelakangmu bro untuk mendukung....

semangat !!!
semoga berhasil...

btw, numpang jadi follwersnya yaa ^^

admin mengatakan...

#iskandaria, jangan malu-malu mas. Ayo melu
#neng aiya, terima kasih neng
#bunga raya, malam juga sobat
#anggi, wuih.. mantap semangatnya nih...

Kumpulan cara mengatakan...

Wah Rame neh mas komentarnya, maju terus pantang mundur. Ohya terimakasih kunjungannya keblog saya, blognya keren.

admin mengatakan...

#daenk, trims buat kunjungannya dimari :)

Seno mengatakan...

Yuu, saya belum daftar kontes yang ini :), menarik juga sih, saya kemarin dah mampir kesana.

nara mengatakan...

azzam kurang [a] lagi satu :D

semangaaaaaaaattttt.. wah kelebihan a sama t :D

kaborrrrr..

jiah becanda ya mas.. semoga menang di kontes indoTopTen ;)

none mengatakan...

kurang ngerti bahasanya SEO..tapi semoga sukses aja deh.

azarre mengatakan...

wowww... kerenn ikutan kontes... saya gak ada pengalaman mas... hehhee...

suzhu BITES mengatakan...

wow..untuk ukuran newbie blog kamu dh keren ma matang bro! smangat buat kontesnya dh.. btw aq pollow blognya yaks.

oiya pengen tukeran link tp aq liat dimana yaks linknya?

akhatam mengatakan...

Halo... daniel! punyaku agak lambat ya.. masa sih.. ku coba dari sini enggak tuh.... thanks ya dah visit!!

khafi mengatakan...

emank kalo dirasa2 makin banyak aj yang ngadain kontest..

tetep semangat aja ya..

reni mengatakan...

Semangat... semoga sukses ya .!!

Deka mengatakan...

Obrolannya menarik, kontesnya juga menarik, yang punya blognya juga menarik. truz apa yang gak menarik ? jawabnya : ngetikin comment ini sambil ngantuk, he...he... Santai mas cuma becanda kok.
Semoga Menang aja ikutan kontesnya.

hill mengatakan...

mantabb niihhh ttg intview nya dgn mas azaam :)

Jajang mengatakan...

smoga kontesnya berhasil ya...

Dinoe mengatakan...

Mantap bisa konsultasi langsung dgn penyelenggara kontesnya...met sukses ya sob..tetap semangat..

agung agriza mengatakan...

wah .. mudah2an menang deh :)

Budi Hermanto mengatakan...

Wew..
Asyik juga ya mas Azzaam..
(pas kan a nya, hehehe..)
Btw, moga menang ya mas.. :D

m4stono mengatakan...

mantaps mas....mo ikut kontes mikir2 dolo masih nyubi

David mengatakan...

sangat komplit ini postingnya, penilain kontes juga lumayan fair

Santri Gundhul mengatakan...

Inhfo menarik, cuman saya tak nonton dari luar ring saja..mumpung masih GRATIS..haaaaaaaaa...

Salam

mel mengatakan...

aw..aw..aw...
banyak kali ini komen.......
bisa kebaca ga yah komen aq...
mau komen banyak jd ga jadi...

yak mengatakan...

ooooooohhhh ini maksudnya "pengen berkunjung dimari"....
udaha banyak nih yg ngomenin, kayaknay obsesi banget...
^^v

Anonim mengatakan...

wah.. pingin ikut sebenarnya... cuman belum PD.. apalagi soal trafik.. saya sangat jarang BlogWalking bahkan hampir tidak pernah... aku cuman balas kunjungan teman aja....
tp.. makasih infonya ya... semoga menang

chokey mengatakan...

Jadi pingin ikut..semoga sukses bro..thanks for coming to my blog

Anonim mengatakan...

Hhmn,....bakalan ikut ga yawh.....

Anonim mengatakan...

mantaap..

Fandhie mengatakan...

good luck dgn kontesnya yah

Anonim mengatakan...

Asyik Yaa..kalo bisa ikut kontes gitu... Moga sukses dan meraih yg terbaik...Sobat... Makasih utk kunjungannya ke tempatku... Salam hangat selalu...

zee mengatakan...

Saya gak tahu sebenarnya kontes ttg ngetop itu poinnya apa aja ya. Soalnya blm liat lgsg ke situsnya..
But semoga berhasil ya...sukses.

guskar mengatakan...

saya ikutan dukung nih...

Mariana mengatakan...

makasih kunjungannya Mas :)

popo mengatakan...

TOS dLU AJ deH.....q MasiH biNgung...sm2 NEWbie mas...Flag COunter barang Apaan q gak TW...ku doain..menang ja deh...jGn Lupa Mmpir2 ke Blog ku agie...

Andie mengatakan...

mantab bener bos!!!
ajib dah
:D

lain kali wawancarai ak dunk.
lum pernah di wawancarai nih.
:P

eh sekalian,
ada yang baru diblogku,
koment yak!!!!
AAA AAAAA AA AAAAA AAAAA AAA!!!!!!!
(capslock attack mode on!)

Andie mengatakan...

spam lagi ah
biar seruu
:D

Anonim mengatakan...

Nyari KangBoed gak nongol, mending nongkrong disini aja.
Tak doakan dapat hadiah, ntar dibagi2 (postingannya aja...hehe)
Salam sejahtera dan damai selalu.

Desti mengatakan...

Haii...numpang lewat pagi2 sekalian ngeramein kolom komentar.

Waaah,,blognya menarik..Blognya ruameee bgt!!

Happy blogging!See u on my blog.Wait for ur comments.

Regards,
Desti - Hamster Land

kodil mengatakan...

wah dah terlambat nich..good luck ya bro

Desy Noer mengatakan...

wooow udah 87 komentar! Siiip lah. Aku dukung dech sebagai ucapan makasih udah mampir. (tujuannya juga emang gitu khan berkunjung ke blog ku? Buat nyari dukungan dengan menambah koment. Ayo ngaku! hehe..) *pssst suaranya jangan keras-keras dooong!*

Tapi kalo untuk ikutan, kayaknya aku mah udah mundur duluan ah. Blogku masih terlalu sangat-sangat sederhana sekali.

Ikut menyemangati ajah. Seperti artinya nama Azza[a]m, ayo Semangaaaaat!

bisnis online | heru mengatakan...

saya dukung mas, ayo semangat terus
salam sukses

narti mengatakan...

semoga sukses!

Ansgarius mengatakan...

saya ikut dukung aja deh... soalnya saya masih nggga mampu....

ahmad mengatakan...

mantap. kreatif banget ne postingannya mas.

keep sharing yah

lisna mengatakan...

seperti makna nama mas Azzaam, Semangaaat...mju terus yach!!!

rizal mengatakan...

sori telat coment nih...

mantap saya dukung.....

chikal mengatakan...

klo di dukung berat ga ya??
saya do'ain aja deh biar sukses gmn??
cayoooo....

belajar SEO mengatakan...

semoga menang dalam kontes mas Daniel..

Ricky mengatakan...

Nice info mas, semoga menang ya...

salam sukses

jati diri bangsa mengatakan...

full informasi penting nih...

suryaden mengatakan...

sepakat deh sama para komentator lainnya... posting yang menggelitik sekali.. hahah

abecho mengatakan...

Saya : Diantara nilai artikel, nilai traffic dan nilai komentar mana yang mas Azzaam prioritaskan?

Azzaam : No 1, Poin artikel apakah artikel itu menarik atau tidak. No 2, Poin komentar terbanyak dan yang terakhir Poin dari traffic. Jadinya nilai traffic tidak berpengaruh besar terhadap kemenangan, tetapi juga diperlukan.

kalo lihat yg ini jadi minder mau ikutan kontes
tapi terima kasih banget info nya

Anonim mengatakan...

ini bahan kontesnya bukan?? hmm...

thanks udah maen ke blog gw. maen lagi juga boleeh :D
salam ganteng dari diazhandsome

Anonim mengatakan...

Ayooo semangat ikutin kontes ini..... :)

Salam kenal saya ArizoGoo, saya asisten mas AzzaaM di forum.indotopten.com

Jangan pernah berfikir untuk menyerah menggapai langit, meskipun tiada cara yang mudah untuk mencapainya !!!

heri mengatakan...

apik apik, aku y melu ki :)

berita unik mengatakan...

wah hebat bisa wawancara dengan pendiri situs indotopten
kapan yah saya bisa berbincang ama orang hebat
jadi iri saya bro...

admin mengatakan...

Terima kasih buat semua teman-teman yang selalu mendukung saya dalam kontes ini,

:komentar ini ditujukan untuk semua komentator: hehe

lagi usil mengatakan...

heheh, menarik sekali postingannya. cara mengikuti kontes yg unik :)

download free ebooks mengatakan...

trims infonya bro. ternyata mas azzam eh azzaam ramah sekali ya.... sayang sy taunya dah telat...

heri mengatakan...

wei selamat ya dapet juara 1 kontes

Anonim mengatakan...

Selamat buat Rendy Daniel yang udah menang juara 1

Mudah2xan blog anda bisa berkembang seperti yang kami harapkan dan menjadi sumber daya ilmu yang baik untuk seluruh pengunjung di blog ini.

Salam Hormat Saya,
Arief Rachman

ADAbisnis mengatakan...

Selamat niel untuk hadiahnya... semoga terus bersemangat yach!

Aisha mengatakan...

wah..selamat ya..and sukses terus..

heru mengatakan...

selamat menunaikan ibadah puasa
mohon maaf lahir dan bathin

My X Note mengatakan...

Hebat, selamat ya

malaysia luxury hotels mengatakan...

mantap informasinya gan :p

Junkies mengatakan...

Mantap gan...

Posting Komentar

Kebun Emas

Internet Marketing

Friends

free counters
indo-top-ten-awards-1