Kotak Peluang

Rahasia Sukses Di Balik Peluang

Domain yang Unik untuk Mendukung SEO

"Google sungguh tidak adil!"

Hehe, buat yang tidak sependapat dengan saya jangan emosional dulu. Ini tentang domain keyword yang "biasanya" selalu menduduki halaman pertama Google. Atau istilah gaulnya "domain anak panti".

Apa itu domain keyword? Buat yang belum paham akan saya jelaskan sedikit tentangnya. Domain keyword adalah sebuah nama domain yang diciptakan menyesuaikan keyword tertentu. Domain keyword lebih cenderung memiliki topik niche yaitu topik yang searah dengan nama domain itu sendiri. Hasil searching saya sendiri membuktikan, 90% lebih halaman pertama Google didominasi oleh domain keyword.
Catet : "Halaman pertama Google, bukan peringkat pertama Google"

Dibandingkan menggunakan domain anak tiri (domain yang dianaktirikan Google) saya cenderung lebih suka menggunakan domain anak panti. Kenapa? Ya.. karena menurut saya optimasi SEOnya terbilang tidak sulit. Namun menggunakan domain keyword juga terkadang membuat sang pemilik memiliki keterbatasan tersendiri dalam tulisannya. Semua itu tak lepas dari status keywordnya yang hanya dikenal karena membahas satu topik tertentu atau niche.

Kita ambil contoh perbandingan dari dua situs terkenal di Indonesia. Yang pertama adalah situs bisnis.com dan bisnis.pengusahaindonesia.com. Saya rasa sangatlah pantas jika saja situs bisnis.com menduduki peringkat pertama dengan keyword "bisnis" di Google.co.id, karena memang setiap harinya situs bisnis.com selalu terupdate dengan informasi terbaru.

Lalu bagaimana dengan situs bisnis.pengusahaindonesia.com? Saya sangat kecewa dengan isi dari situs tersebut, karena sejak Agustus 2008 (tahun pertama kali saya bertemu dengan situs itu) sama sekali tidak ada informasi terbaru yang diupdate, namun masih tetap bercokol di peringkat kedua setelah situs bisnis.com. Jika saja Anda perhatikan lebih detail, yang berubah hanya judulnya saja mengikuti perubahan tahun.

Oleh sebab itu saya berkata, "Google sungguh tidak adil" :)
Tidak adil dalam artian karena Google masih mempertahankan situs yang kadaluarsa. Dan tidak jarang juga saya menemukan domain keyword yang telah disuspended atau hanya digunakan sebagai "domain parking" sewaktu searching di Google.

Nah, terus bagaimana cara mengalahkan domain keyword yang sudah punya rangking seperti itu? Apakah bisa? Tenang, tenang saja. Bukan berarti karena Anda menggunakan domain tanpa keyword maka Anda beranggapan bahwa tidak mudah mengalahkan situs itu. Justru sebuah nama "domain yang unik" sebenarnya juga berpeluang menduduki posisi teratas halaman Google.

Mungkin beberapa point berikut ini bisa dijadikan acuan :
  • Domain keyword lebih cenderung membahas topik tertentu artinya posisi SEO domain keyword hanya sebatas dari beberapa keyword saja. Sedangkan domain dengan nama unik berkesempatan mendapatkan optimasi SEO dari berbagai keyword karena bisa digunakan untuk memposting beragam topik yang kemudian akan mendongkrak halaman utama situs. Contohnya seperti domain Detik.com dan KotakPeluang.blogspot.com (hehe, narsis)
  • Domain dengan nama unik yang nama domainnya adalah nama sang pemilik cenderung diminati sahabat blogger seiring makin bertambahnya blogger-blogger baru sehingga membuat domain tersebut lebih cepat dikenal. Belum lagi dukungan seperti twitter, follow me, mybloglog, berlangganan RSS, dll yang pastinya bakal bisa mendongkrak popularitas situs tersebut. Contohnya seperti JhonChow.com dan AbiBakarBlog.com
  • Kalaupun Anda telat mendapatkan domain keyword seperti bisnis.com, Anda masih bisa memanfaatkan judul dan slogan situs Anda menggunakan keyword yang Anda minati. Karena nantinya Google juga akan mengindex situs Anda dengan "keyword" dari judul dan slogan yang Anda tuliskan.
  • Ini nih informasi yang jadi dasar semangat saya. Pemenang di beberapa kontes SEO yang saya tahu ternyata tidak menggunakan domain full keyword, padahal tidak sedikit peserta kontes yang bersaing menggunakan domain full keyword. Salah satu contohnya adalah kontes SEO World Cup 2, "Bubsy SEO Test". Saya tahu informasi tersebut dari situs ini.
Mungkin hanya beberapa point itu yang saya tahu, kalaupun ada tambahan dari Anda silahkan memberikan saran di kolom komentar dibawah ini. Sayapun sebenarnya juga bertekad ingin menduduki halaman pertama Google.co.id dengan keyword "bisnis". Maka dari itu saya mencoba belajar setahap demi tahap ilmu SEO yang saya temui, contohnya jurus ini nih.

Buat yang menginginkan domain keyword tapi tidak menemukan domain yang cocok karena mungkin keterbatasan pencarian domain, saran saya coba deh cari domain berpagerank di situs FreshDrop.net, menurut saya daftar nama domain di situs tersebut masih tergolong keren, udah gitu pageranknya lumayanlah dan agak "murah" bro...

Mau tahu informasi seputar strategi SEO unik lainnya? Ke halaman sini aja.


Postingan Terkait :


6 komentar:

perigitua mengatakan...

haddiirrrr….
sore2 mengunjungi sahabat, tuk memohon maaf dan mengharap kemurahan hati sahabat tuk sekedar memaafkan segala kesalahan yang telah aku perbuat.
Mari kita luruskan niat, sucikan hati, semoga Ramadhan dapat mengantar kita kembali fitri
cu….
note: sorry.., komenx-nya ntar aja ya…..

KangBoed mengatakan...

Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Jiwa yang Tenang

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

Fariskhi mengatakan...

Yah, namanya juga untuk keefektifan search engine.

Salam kenal yah.. :D

zacky mengatakan...

bagus mas kyknya sesuai dengan kriteria seach engine ya, blog ini.

admin mengatakan...

#zacky, mudah-mudahan, amiin

PENDEKAR KELAYAN mengatakan...

masih bingung gw dg masalah SEO nih

Posting Komentar

Kebun Emas

Internet Marketing

Friends

free counters
indo-top-ten-awards-1